Kelompok Tani Sakato Kelurahan KTK Gelar Pelatihan Alsintan

Solok (MC Kota Solok) – Dinas Pertanian Kota Solok gelar pelatihan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Rice Transplanter bagi petani Kota Solok Kamis, (24/8/17) di Gedung Pertemuan dan Areal Persawahan Kelompok Tani Sakato Kelurahan KTK Kota Solok yang diikuti oleh 20 orang peserta.

Kegiatan yang diikuti 20 orang merupakan perwakilan Kelompok tani dibuka Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Ir. Kusnadi, MM dengan narasumber dari Balai Mekanisasi Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (BMP-TPH) Bukittinggi.

Kadis Pertanian Kusnadi kesempatan itu mengatakan “Pelatihan ini diberikan untuk meningkatkan produksi padi dengan dilakukan percepatan tanam. Percepatan tanam diusahakan melalui olah lahan dan tanam yang efektif. Diantara yang dapat dilakukan adalah penggunaan alat mesin pertanian. Alat mesin pertanian untuk pengolahan diantaranya traktor roda dua dan traktor roda empat, sedangkan untuk pertanaman adalah rice transplanter”, kata Kadis.

“Untuk mengenalkan mesin rice transplenter tersebut karena merupakan mesin yang baru pertama untuk petani Kota Solok maka diselenggarakan pelatihan alsintan untuk rice transplanter. Setelah dilakukan persemaian direncanakan pada tanggal 11 September 2017 nanti akan dilakukan pertanaman dengan rice transplanter. Kadis Pertanian menyampaikan pentingnya efektifitas dan efisiensi dalam usaha tani. Untuk itu perlu dioptimalkan penggunaan teknologi yang ada,” ujar lagi.(Lm)

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *